METODE PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF HADIS
PERSPEKTIF HADIS
Abstrak
Metode pendidikan adalah cara yang dipergunakan oleh pendidik dalam mendidik peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Ketepatan pemilihan dan penggunaan metode sangat menentukan keberhasilan suatu tujuan yang hendak dicapai. Pendidikan merupakan upaya untuk menumbuh dan mengembangkan potensi manusia secara maksimal sehinga menjadi insan al kamil. Untuk menjadi insa al kamil sebagai tujuan pendidikan tentunya mebutuhkan metode atau cara yang tepat untuk mencapainya. Metode Pembelajaran dalam pendidikan merupakan salah satu komponen pendidikan yang penting sehingga diperlukan pen-telaah-an terhadap perpemilihan metode yang akan digunakan dan dituangkan pula di dalam perencanaan pembelajaran. Dalam Pelaksanaan pendidikan seorang pendidik sebelum mendidik peserta didiknya dengan berbagai metode, maka pendidik hendaklah memahami dasar-dasar dari metode pendidikan itu sendiri. Metode pendidikan Islam perlu memperhatikan prinsip-prinsip yang mampu memberikan pengarahan petunjuk tentang pelaksanaan metode pendidikan tersebut. Dalam perspektif hadits metode-metode pendidikan yang digunakan di dunia pendidikan pada dasarnya merupakan metode yang sebenarnya juga telah ada serta telah digunakan oleh Rasulullah SAW seperti; metode ceramah, metode diskusi, Diskusi, metode demonstrasi/simulasi, metode Tanya jawab dan lain sebagainya, namun penamaan metode tersebut baru dibakukan oleh ahli Pendidikan. Penerapan metode pembelajaran perlu kesunguhan seorang pendidik dalam pengaplikasiannya dan memerlukan bahan yang pantas dan baik dalam memberikan materi pembelajaran berdasarkan Al Quran dan Hadis yang telah di ajarkan oleh Baginda Rasulullah Nabi Muhammad SAW.##submission.downloads##
Diterbitkan
2024-08-10
Terbitan
Bagian
Editor